Selasa, 17 April 2012

Yang harus dilakukan bangsa timur dalam lingkungan kampus


Sebagai bangsa timur, apa yang harus kita lakukan dalam lingkungan kampus?
Bangsa timur adalah bangsa dimana masih menjungjung tinggi sebuah tata krama dan tingkah laku. Gaya berpakaian, cara berbicara, dan sikap dalam kehidupan sehari-hari masih berpengaruh terhadap lingkungan di bangsa timur ini. seperti halnya wanita yang memakai pakaian terbuka (memperlihatkan aurat) masih dianggap negatif, berbeda dengan di Negara bagian barat yang sudah menganggap wajar (lumrah) seorang wanita yang berpakaian terbuka. Bangsa timur juga masih memiliki sifat saling gotong royong antar sesama.
Dalam lingkungan kampus ini, mahasiswa dan mahasiswi sebaiknya :
1.     gunakanlah pakaian yang wajar dan sopan dalam berpakaian, berpakaianlah sewajarnya. Karena bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang masih memiliki batasan-batasan yang menjurus ke ajaran agama. Bukankah agama mengajarkan kita untuk membatasi gaya berpakaian agar lebih terlihat bermoral?
2.    Mahasiswa sebaiknya menggunakan kata-kata yang baik dan benar, kata-kata yang sopan dan tidak kotor. Tunjukanlah bahwa kita adalah seorang mahasiswa yang berpendidikan. Bersikaplah juga sebagai mahasiswa yang ramah terhadap lingkungan, jangan merusak sarana yang ada. Seperti contohnya demo yang terjadi beberapa waktu lalu, ada sekelompok mahasiswa yang berdemokrasi dengan cara merusak dan merugikan orang lain, sungguh tidak mencerminkan seorang mahasiswa.
3.    Jadilah mahasiswa yang peduli terhadap sesama, gotong royong saling membantu tanpa pamrih.
4.    Jadilah mahasiswa yang tidak membeda-bedakan status sosial. Bergaul boleh memilih-milih, asal itu menjurus kearah positif. Seperti halnya menjauhkan orang yang akan menjerumuskan kita ke pergaulan yang tidak benar, bergaul lah kepada sekumpulan orang yang dapat membangun dan bisa membantu kita untuk sukses.
5.    Tidak membeda-bedakan adat istiadat. Dalam lingkungan kampus, sudah pasti kita berada dilingkungan orang-orang dari berbagai macam suku dan ras. Karena biasanya banyak sekali orang-orang yang datang dari luar provinsi atau pulau. Satukanlah perbedaan yang ada, bergaul dengan berbagai macam suku dan ras agar bisa saling bertukar pikiran dan sekaligus mengetahui beragam perbedaan adat istiadat yang ada di Indonesia. Bukankah perbedaan itu indah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar