Rabu, 04 Januari 2012

Hubungan Generasi Muda Untuk Masyarakat

                                       PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK




      

          semakin banyaknya jumlah masyarakat yang ada dibumi, semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi. biasanya kebutuhan manusia itu pasti identik dengan penggunaan plastik. contohnya ibu rumah tangga membutuhkan detergen untuk mencuci maka ia akan membeli detergen. detergen itu sudah pasti dikemas dalam sebuah plastik. biasanya plastik itu akan berakhir di tempat sampah yang jelas-jelas sudah tidak dibutuhkan lagi. siapa bilang sampah adalah sesuatu yang tak berguna? ditangan-tangan kreatif limbah plastik ini bisa dijadikan sebuah karya yang dapat berguna untuk masyarakat. contohnya limbah plastik bekas kemasan sabun detergen, mie instan atau chiki bisa didaur ulang menjadi tas jinjing atau tas laptop. generasi muda seperti inilah yang bisa menghasilkan uang dengan karyanya sendiri.  selain bisa menghasilkan uang, kreatifitas remaja seperti ini juga bisa menanggulangi penumpukan sampah non-organik yang ada dilingkungan masyarakat.



bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan tas plastik ini sangatlah mudah. hanya membutuhkan limbah sampah plastik, lem perekat, renda-renda dan pita untuk hiasan, dan yang terakhir adalah jarum, dan benang dengan warna-warna yang unik. butuh keahlian khusus untuk membuat karya seperti ini. maka dari itu biasanya para remaja mengikuti bimbingan-bimbingan sebelum mencoba untuk membuatnya. jika sudah ahli, maka hasilnya akan cantik sekali.








 Jika sudah ahli, maka hasil karya dapat dipasarkan. dengan membuka bazar atau pameran akan lebih memudahkan untuk memasarkan hasil karya unik tersebut.

 

tidak semua yang kita anggap sudah menjadi sampah adalah sesuatu yang tidak berguna, jika sampah tersebut jatuh ketangan yang tepat maka sampah tersebut dapat menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi. jadilah remaja yang kreatif, yang bisa berguna untuk diri sendiri ataupun masyarakat sekitar. semangat ! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar