Rabu, 29 April 2015

Cybercrime berdasarkan pengalaman pribadi atau lingkungan sekitar!

Pada postingan ini saya akan membahas sedikit pengalaman yang sering terjadi di lingkungan sekitar. Perkembangan teknologi semakin maju, banyak sekali orang-orang yang melakukan aktivitas jual beli menggunakan jasa internet, karena dengan menggunakan internet semua bisa jadi lebih mudah. Banyak sekali keuntungan yang akan didapat jika kita melakukan jual beli melalui bantuan internet. Misalnya saja berjualan di akun jejaring sosial seperti yang sudah marak belakangan ini. Semua bisa jadi lebih mudah, menghemat biaya, menghemat waktu juga menghemat tenaga. Bagaimana tidak? Kita bisa berbelanja hanya dengan duduk manis di rumah. Begitulah sisi baik daripada sebuah internet. Di sisi lain adalah sisi buruk dari internet tersebut. Banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memberikan dampak negatif dari internet itu sendiri. Contohnya adalah kasus penipuan yang sudah banyak dilakukan online shop yang pemilik akunnya tidak bertanggung jawab. Seperti itulah orang-orang yang hanya mementingkan keuntungannya sendiri tetapi merugikan orang lain.

Belum lama terjadi pada teman saya yang berbelanja baju di salah satu jejaring sosial. Pengikutnya sangat banyak ratusan ribu orang, testimoni dari produk yang ia jual pun dicantumkannya agar pembeli percaya. Tapi entah mengapa, ternyata itu adalah akun palsu yang melakukan penipuan. Followers yang ada dalam jejaring sosial itu adalah robot yang ia beli dari penjual followers. Sungguh miris. Sesuatu yang memudahkan, berakhir sebuah bencana. Sistem pembelian yang ia tawarkan adalah dengan cara mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga yang ada di catalog ditambah dengan ongkos pengiriman jasa kirim barang. Setelah mentransfer kita disuruh menunggu barang datang, sekitar 2-3 hari. Namun seminggu barang tak kunjung sampai. Hingga pada akhirnya konfirmasi ulang kepada admin yang bertanggung jawab pada akun tersebut dan akhirnya ia meminta untuk kita terus menunggu. Sebulan berlalu tetapi barang tak kunjung datang, akhirnya konfirmasi ulang tetapi akun kita di block oleh pemilik akun tersebut.


Untuk itu maka berhati-hatilah kepada semua pengguna internet, harap lebih berhati-hati jika hendak melakukan transaksi. Apalagi dalam jumlah nominal yang terbilang cukup besar. Sesungguhnya internet diciptakan untuk memudahkan juga menguntungkan bukan saling merugikan. Jadilah pengguna yang memiliki etika, pengguna internet yang bijak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar