BAB 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan penelitian dan pembahasan diatas peneliti memberikan saran
sebagai sebagai berikut:
Kualitas
layanan yang perlu ditingkatkan adalah penanganan komplain pelanggan dengan
cara meningkatkan kapabilitas petugas agar dapat memberikan pelayanan yang
tuntas terhadap komplain pelanggan harus selalu meningkatkan kepuasan
pelanggan. Hal yang perlu diperbaiki adalah indikator harga dengan meningkatkan
kreatifitas struktur harga dan pelayanan terhadap pelanggan diplasa dengan
meningkatkan kapabilitas petugas. Kemudian ketersediaan jaringan atau signal
provider yang dapat diperluas ke daerah-daerah agar pelanggan dapat mengakses
dengan lebih mudah, cepat dimanapun dan kapanpun dengan harga yang masih dapat
terjangkau. Karena yang sangat
dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat Indonesia adalah kecepatan internet, bukan
dominan karena providernya itu sendiri. Provider hanyalah “batu loncatan” para
pengguna untuk menggunakan internet. Jika provider yang ia pakai tidak
memuaskan dikarenakan mahal atau lambannya koneksi maka pemakaipun memilih
mengganti provider mereka dengan provider yang bisa menawarkan dengan harga
murah juga koneksi yang bisa dibilang cukup baik. Yang dicari oleh kebanyakan
masyarakat adalah provider yang menawarkan harga murah, sinyal kuat pada saat
cuaca buruk, sinyal kuat hingga ke tempat pedalaman sekalipun, serta provider
yang memberikan koneksi internet cepat tanpa hambatan.
Perusahaan harus dihadapkan dengan persaingan yang ketat
dalam membangun usaha layanan internet. Hal ini akan membuat pelanggan dengan
mudah berpindah ke provider lain karena kualitas yang ditawarkan lebih baik.
Oleh karena itu provider harus dapat memberikan keunggulan dari produk dan
layanan mereka agar dapat mempertahankan pelanggannya, sehingga dapat
mempertahankan kelangsungan perusahaannya.
Loyalitas pelanggan adalah kunci sukses bagi perusahaan, tidak
hanya dalam jangka pendek, tetapi juga menjadi keunggulan bersaing yang berkelanjutan.
Pada penelitian ini menggunakan metode hipotesa terhadap
lebih dari 30 responden pengguna jasa pelayanan telekomunikasi yang menyediakan
banyak produk yang ditawarkan dengan promosi yang sangat gencar. Berdasarkan
hasil survey terakhir kepada 37 orang responden yang melakukan pengisian form
pada link yang dapat dilihat pada halaman daftar pustaka bahwa, pelanggan telepon selular
atau smartphone yang paling banyak digunakan oleh
responden dengan sistem operasi android, kemudian untuk provider yang banyak
digunakan yaitu indosat dengan tipe jaringan GSM. Provider yang dipilih sangat
berpengaruh terhadap kualitas pelayanan telekomunikasi yang dapat dilihat
melalui jenis layanan yang banyak digunakan pada responden yaitu jenis layanan
volume based dikarenakan agar lebih mudah dalam mengakses internet.
4.2 Saran
Untuk
kedepannya tingkatkan kembali pertelekomunikasian Indonesia agar masyarakat
dapat lebih puas untuk menggunakan provider yang dipilih. Provider yang
memberikan pelayanan sesuai dengan janji, tidak sebatas promo semata. Yang
dibutuhkan pengguna adalah bukan brand
yang sudah memegang kedudukan pasar paling tinggi, tetapi pengguna membutuhkan
provider yang bisa memberikan harga cukup murah untuk dapat mengakses internet
juga sinyal yang stabil untuk daerah pedalaman, dan sinyal yang kuat untuk cuaca
buruk. Kepuasan pelanggan adalah nomer satu. Beberapa
responden dominan meningkatkan kepuasan pelanggan adalah persepsi kualitas
pelayanan, sedangkan yang dominan meningkatkan loyalitas pelanggan adalah
kepuasan pelanggan dari provider.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar