Kamis, 15 Januari 2015

(tugas 3) tugas kelompok bagian BAB 4 PENUTUP

BAB 4
PENUTUP


4.1       Kesimpulan
Berdasarkan penelitian dan pembahasan diatas peneliti memberikan saran sebagai sebagai berikut:
Kualitas layanan yang perlu ditingkatkan adalah penanganan komplain pelanggan dengan cara meningkatkan kapabilitas petugas agar dapat memberikan pelayanan yang tuntas terhadap komplain pelanggan harus selalu meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal yang perlu diperbaiki adalah indikator harga dengan meningkatkan kreatifitas struktur harga dan pelayanan terhadap pelanggan diplasa dengan meningkatkan kapabilitas petugas. Kemudian ketersediaan jaringan atau signal provider yang dapat diperluas ke daerah-daerah agar pelanggan dapat mengakses dengan lebih mudah, cepat dimanapun dan kapanpun dengan harga yang masih dapat terjangkau. Karena yang sangat dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat Indonesia adalah kecepatan internet, bukan dominan karena providernya itu sendiri. Provider hanyalah “batu loncatan” para pengguna untuk menggunakan internet. Jika provider yang ia pakai tidak memuaskan dikarenakan mahal atau lambannya koneksi maka pemakaipun memilih mengganti provider mereka dengan provider yang bisa menawarkan dengan harga murah juga koneksi yang bisa dibilang cukup baik. Yang dicari oleh kebanyakan masyarakat adalah provider yang menawarkan harga murah, sinyal kuat pada saat cuaca buruk, sinyal kuat hingga ke tempat pedalaman sekalipun, serta provider yang memberikan koneksi internet cepat tanpa hambatan.
Perusahaan harus dihadapkan dengan persaingan yang ketat dalam membangun usaha layanan internet. Hal ini akan membuat pelanggan dengan mudah berpindah ke provider lain karena kualitas yang ditawarkan lebih baik. Oleh karena itu provider harus dapat memberikan keunggulan dari produk dan layanan mereka agar dapat mempertahankan pelanggannya, sehingga dapat mempertahankan kelangsungan perusahaannya. Loyalitas pelanggan adalah kunci sukses bagi perusahaan, tidak hanya dalam jangka pendek, tetapi juga menjadi keunggulan bersaing yang berkelanjutan.
Pada penelitian ini menggunakan metode hipotesa terhadap lebih dari 30 responden pengguna jasa pelayanan telekomunikasi yang menyediakan banyak produk yang ditawarkan dengan promosi yang sangat gencar. Berdasarkan hasil survey terakhir kepada 37 orang responden yang melakukan pengisian form pada link yang dapat dilihat pada halaman daftar pustaka bahwa, pelanggan telepon selular atau smartphone yang paling banyak digunakan oleh responden dengan sistem operasi android, kemudian untuk provider yang banyak digunakan yaitu indosat dengan tipe jaringan GSM. Provider yang dipilih sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan telekomunikasi yang dapat dilihat melalui jenis layanan yang banyak digunakan pada responden yaitu jenis layanan volume based dikarenakan agar lebih mudah dalam mengakses internet.

4.2       Saran
           
            Untuk kedepannya tingkatkan kembali pertelekomunikasian Indonesia agar masyarakat dapat lebih puas untuk menggunakan provider yang dipilih. Provider yang memberikan pelayanan sesuai dengan janji, tidak sebatas promo semata. Yang dibutuhkan pengguna adalah bukan brand yang sudah memegang kedudukan pasar paling tinggi, tetapi pengguna membutuhkan provider yang bisa memberikan harga cukup murah untuk dapat mengakses internet juga sinyal yang stabil untuk daerah pedalaman, dan sinyal yang kuat untuk cuaca buruk. Kepuasan pelanggan adalah nomer satu. Beberapa responden dominan meningkatkan kepuasan pelanggan adalah persepsi kualitas pelayanan, sedangkan yang dominan meningkatkan loyalitas pelanggan adalah kepuasan pelanggan dari provider.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar